Service | AC | Kulkas | MesinCuci | Kutoarjo | Purworejo | Jawa Tengah

Setting Remote AC | Service AC Purworejo












 Pertama kita harus tahu pengertian dari Remote Control..salah satunya yaitu Remote AC..

Apa itu Remote Control..???
Remote Control adalah Sebuah alat elektronik yang dapat digunakan untuk mengontrol atau mengoperasikan sebuah perangkat atau mesin dari jarak jauh..

Yang kita bahas kali ini yaitu Remote AC (Air Conditioner)..Jadi AC akan bekerja sesuai dengan settingan yang telah kita atur melalui Remote..Namun bagi pengguna baru atau yang masih awam kadang salah atau tidak tepat dalam melakukan settingan remote AC nya karena belum paham betul fungsi dari setiap tombol atau fitur2 di dalam remote itu sendiri..Hal ini tentu saja mempengaruhi kinerja AC..karena AC akan menjalankan perintah sesuai settingan remote controlnya..

Apakah Anda Tahu Bahwa Kesalahan atau Tidak Tepat Dalam Setting Remote AC Dapat Membuat AC Menjadi Kurang atau Tidak Dingin..??



Oleh karena itu penting bagi para pengguna / konsumen yang masih awam atau bahkan mungkin tidak tahu fungsi dari setiap2 tombol yang ada pada remote AC untuk mengetahui atau paham fungsi dari masing2 tombol agar AC dapat bekerja mendinginkan ruangan secara efisien..

OKE langsung saja kita ke intinya..

                               (Gb. 1)


Ini adalah contoh remote control pada AC Sharp..namun pada prinsipnya semua remote AC sama..hanya mungkin ada penambahan sedikit fitur yang berbeda..contohnya pada remote ini ada fitur "Ion"nya..namun yang akan kita bahas yaitu settingan inti atau yang dapat mempengaruhi AC menjadi kurang atau tidak dingin..

1. Tombol On / Off (Lihat Gb.1)

Pasti sudah tahu semua fungsi dari tombol ini yaitu untuk menghidupkan dan mematikan AC..Tentu AC tidak akan dingin kalau belum di hidupkan..Hehehehhe๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Jadi pastikan hidupkan dahulu AC nya ya Guys..jangan2 AC kalian belum di hidupkan jadinya AC tidak dingin..๐Ÿ˜๐Ÿ˜

2. Tombol Temperatur / Suhu (Lihat Gb.1)

Tombol ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan Temperatur..jadi misalkan Anda setting pada suhu 26°C maka sensor akan mengontrol AC supaya mempertahankan suhu ruangan di temperatur 26°C..jadi apabila kurang dingin turunkan saja temperaturnya..Tapi kalau sudah sampai di temperatur terendah dan AC masih kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali maka SEGERA HUBUNGI KAMI Atmajaya Tech AirCond untuk dilakukan pengecekan..

Nb :
NAMUN masih banyak sekali yang salah pemahaman dalam tombol temperatur ini..masih banyak sekali yang menganggap bahwa indikator di remote adalah indikator suhu atau temperatur angin yang keluar dari AC..Jadi jangan salah pemahaman lagi ya Guys..jadi indikator suhu yang di remote itu adalah indikator bahwa AC diperintahkan untuk menjaga suhu ruangan yang di dinginkan pada temperatur tersebut (sesuai indikator di remote)..

3. Tombol Timer (Lihat Gb. 1)

Sesuai dengan namanya Timer yang artinya Pewaktu..jadi fungsi dari tombol ini yaitu untuk memprogram AC supaya dapat hidup atau mati dengan sendirinya..biasanya timer ON (AC hidup dengan sendirinya) di lambangkan dengan simbol seperti angka 1..sedangkan timer OFF (AC mati dengan sendirinya) di lambangkan dengan angka O ..sedangkan juga ada tombol CANCEL yang berfungsi untuk Menonaktifkan fitur timer..

4. Tombol Mode (Lihat Gb. 1)

Tombol Mode berfungsi untuk mengontrol proses pendinginan..Nah inilah inti dari judul postingan ini..karena kesalahan dalam setting mode ini yang dapat mengakibatkan AC Anda menjadi kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali..karena dalam fitur mode ini terdapat beberapa pilihan..jika Anda salah memilih maka bisa jadi AC Anda hanya akan bekerja seperti kipas angin saja..

Lalu fitur/pilihan apa saja sih yang ada dalam fitur MODE ini..??
Oke jadi yang pertama adalah :

                                   (Gb. 2)
a) Mode Cool

Mode Cool adalah mode yang paling di sarankan..karena pada mode ini AC akan bekerja dengan cepat mendinginkan ruangan..dan juga fitur seperti fan speed dan temperatur juga dapat di atur dalam mode ini..sehingga AC akan lebih cepat mendinginkan ruangan..Untuk Mode Cool ini biasanya di lambangkan seperti gambar bintang atau salju..namun ada juga yang berupa tulisan " cool "..


(Gb. 3)
b) Mode Otomatis/Auto

Pada mode ini sebagian besar merk tidak dapat diatur temperaturnya..tapi ada juga yang bisa..namun untuk remote yang saya tampilkan seperti di gambar hanya kecepatan kipasnya saja yang dapat di atur..jadi jika Anda hanya memencet tombol mode dan posisi dalam mode auto (tanpa mengatur kecepatan kipas seperti Gb.3) maka AC akan mempertahankan suhu sekitar 24°C dan fan AC juga akan berputar secara otomatis mengikuti pergerakan suhu..jadi apabila suhu dalam ruangan sudah tercapai (terbaca menurut sensor di dalam AC) maka otomatis fan AC akan memperlambat putarannya..dan jika temperatur sudah naik maka fan akan otomatis mempercepat putarannya..


                                   (Gb. 4)

c) Mode Dry (Pengering)

Mode Dry sering di simbolkan seperti tetesan air (Lihat Gb. 4)..mode ini bukan mode pendinginan ya Guys..jadi jika Anda mengaharapkan suhu dingin dalam mode ini maka Anda salah..mode ini berfungsi untuk mengurangi kelembaban udara..jadi hanya seperti kipas saja..


                                  (Gb. 5)

d) Mode Fan

Mode Fan sering di lambangkan dengan simbol seperti gambar kipas (Lihat Gb. 5)..seperti namanya jadi mode ini juga hanya akan menjalankan kipas Indoor (yang di dalam) saja tanpa menghidupkan mesin kompresor..jadi tidak akan ada proses pendinginan..ini bisa menjadi salah satu penyebab AC menjadi tidak dingin sama sekali..



                                   (Gb. 6)

e) Mode Heat

Mode Heat sering di lambangkan seperti gambar matahari (Lihat Gb.6) namun ada juga yang berupa tulisan "heat"..sebenarnya untuk mode ini belum tentu di dalam remote AC ada mode ini..namun jika AC dirumah Anda ada mode ini maka lebih baik Anda tahu apa sebenernya fungsi dari mode heat ini..sesuai dengan namanya HEAT yang artinya Panas jadi fungsi mode ini untuk memanaskan ruangan..pasti banyak yang bingung dan bertanya2 "Kok AC buat manasin ruangan..??"..Hehehehe๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Iya memang benar bisa buat manasin ruangan..TAPIII fitur ini hanya akan bekerja di AC yang mempunya 2 fungsi yaitu Cool & Heat.. tapi untuk AC jenis ini mungkin tidak ada di Indonesia yang memang iklim di Indonesia itu beriklim tropis..lain halnya jika di negara2 seperti Eropa yang mempunya 4 musim..jadi fitur Heat ini digunakan orang Eropa pada saat musim dingin/musim salju untuk menghangatkan ruangan..Namun bukan berarti jika Anda setting AC Anda pada mode ini tidak ada efeknya ya..walaupun AC Anda bukan type Cool & Heat..efeknya jika Anda setting AC Anda pada mode ini maka AC akan bekerja seperti mode fan..jadi tidak akan terjadi proses pendinginan..

5) Tombol  Fan

Tombol ini berfungsi untuk mengatur kecepatan kipas sesuai dengan yang Anda inginkan..namun ada juga mode Auto di dalamnya..jika Anda setting Auto maka fan akan bekerja secara otomatis sesuai temperatur..jika temperatur sudah tercapai maka fan akan memperlambat putarannya..Namun jika temperatur kembali naik di atas settingan remote maka fan akan mempercepat kembali putarannya..saran saya jika ingin mendapatkan pendinginan yang cepat maka posisikan fan di posisi yang paling cepat..Namun jika AC dipakai 24 Non Stop seperti didalam ruang penyimpanan obat contonya lebih baik posisikan fan di Auto..supaya dinamo fan tidak terlalu panas atau overheating yang dapat mengakibatkan dinamo fan rusak..

6) Tombol Swing

Tombol Swing berfungsi untuk mengatur arah angin dari AC..apabila ingin cepat merata lebih baik posisikan settingan swing di posisi Auto (otomatis naik turun)..

OKE jadi itulah beberapa tombol di dalam remote AC yang harus Anda ketahui fungsi2 nya..Namun apabila Anda rasa settingan Anda sudah tepat tapi AC masih kurang dingin atau tidak dingin sama sekali maka SEGERA HUBUNGI Atmajaya Tech AirCond untuk dilakukan pengecekan..

Atmajaya Tech AirCond Service Panggilan

Atmajaya Tech AirCond  Melayani :

- Service / Perawatan AC
- Pemasangan AC
- Relokasi (Bongkar Pasang AC)
- Isi Freon
- Service Kulkas
- Service Freezer
- Service Showcase
- Service Mesin Cuci

                " BERGARANSI "

HUBUNGI :

0821_1148_2154 (WA)

0812_2556_0097 (Telp. / SMS)

Solusi Tepat Service Mesin Pendingin


Melayani jasa service maupun perawatan ac purworejo kutoarjo kebumen kabupaten purworejo jawa tengah selain service ac di purworejo kami juga melayani service kulkas freezer showcase dan mesin cuci Biaya jasa service ac purworejo terjangkau dan kualitasnya yang di jamin memuaskan dan semua pelayanan yang telah kami kerjakan bergaransi satu bulan Selain service ac rumah di purworejo kami juga siap datang ke kantor anda service ac kutoarjo

service ac purworejo kutoarjo kebumen kabupaten purworejo jawa tengah
service ac di purworejo
jasa service ac purworejo
service ac kutoarjo
service ac purworejo kutoarjo kabupaten purworejo jawa tengah
service ac rumah di purworejo

















Bengkel ac kutoarjo

AC Purworejo



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbaikan kulkas tidak dingin / dingin namun tidak merata

Service Kulkas Kutoarjo Purworejo 0821 1148 2154

Service AC Purworejo Service Kulkas Purworejo Service Mesin Cuci Purworejo